PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA KELAS X IPS 2 DI SMA HANG TUAH 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

Gultom, Rohani (2021) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA KELAS X IPS 2 DI SMA HANG TUAH 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (592kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (170kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (981kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Gultom, Rohani. 2020. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling
Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X IPS 2 Di
SMA Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Skipsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Dr. Tamsil Muis, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, perilaku bullying.
Setiap remaja memiliki kemampuan untuk dapat mencapai
kematangan kepribadian agar dapat menghadapi tantangan-tantangan yang dialami oleh remaja tersebut secara kuat, baik ketika berada dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah masih seringkali ditemukan berbagai macam perilaku siswa, seperti perilaku yang baik atau perilaku yang kurang baik. contoh perilaku yang kurang baik yaitu, Perilaku bullying sering terjadi pada usia anak-anak, dan perilaku tersebut sering ditemui di lingkungan sekolah. perilaku bullying dapat menyinggung atau menyakiti perasaan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 139 subjek. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 29 siswa. Metode penelitian menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji F. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peran guru bimbingan dan konseling terbukti telah mampu mencegah perilaku bullying siswa kelas X IPS 2 di SMA Hang Tuah 4 Surabaya, dengan perolehan uji F 0,002 < 0,05. Adapun peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying di SMA Hang Tuah 4 Surabaya yaitu guru bimbingan dan konseling memberikan memberikan program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan disekolah adalah dengan memberikan, bimbingan klasikal, konseling individual, konseling kelompok dan layananan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:37
Last Modified: 20 Dec 2022 08:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item
View Item