Aginza, Iga Vinaya (2021) EFEFKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA CYNEMA THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (814kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (90kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (108kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (931kB)
Abstract
Aginza, Vinaya, Iga. 2021. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Menggunakan Media Cynema Theraphy Untuk
Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Skripsi. Program
Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI AdiBuana
Surabaya. Pembimbing Maghfirotul Lathifah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : self efficacy, bimbingan kelompok
Self efficacy adalah keyakinan siswa mengenai komponen
dalam mengatasi berakenekaragam masalah yang muncul pada diri
siswa, seperti emosi, optimis, keluhan, depresi, stress. tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Penggunaan Media
Cynema Theraphy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan
Self Efficacy pada Siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode rancangan penelitian pra-eksperimental dengan
menggunakan one group pre-test-post-test design. Dalam penelitian
ini memiliki dua variabel yaitu terdiri dari variabel terikat atau
variabel X (bimbingan kelompok dengan media cynema theraphy) dan
juga variabel bebas atau variabel Y (self efficacy). Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa SMK. Sampel dalam penelitian ini yaitu 5
siswa yang memiliki skor self efficacy terendah. Untuk penelitian ini
menggunakan uji Wilcoxon yang dibantu oleh SPSS for windows versi
24.0 dan medapatkan hasil uji t-test sebesar sig. (0,042) < 0,05 yang
berarti terdapat peningkatan setelah dilakukan treatment.
Dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa Ha diterima.
Artinya ada perbedaan antara self efficacy siswa untuk pre-test dan
post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas
penggunaan media cynema theraphy dalam bimbingan kelompok
untuk meningkatkan self efficacy siswa SMK
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 03:27 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 15:46 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/946 |