Amarta, Denny (2021) PENGGUNAAN BIBLIOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (771kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (93kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (106kB)
8. Daftar pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Amarta, Denny. 2021. Penggunaan Biblioedukasi untuk
Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Krian . Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Cindy Asli Pravesti, M.Pd.,
Kata Kunci: Biblioedukasi, Bimbingan Kelompok, Efikasi Diri
Akademik.
(Bandura, 1997) mencatat bahwa efikasi diri meminta
individu untuk menilai apakah dirinya mampu menyelesaikan
tugasnya, yang bedasarkan pengalaman penguasaan, pengalaman
perwakilan, persuasi sosial dan komunikatif, serta gairah fisiologis. Sumber efikasi diri terdiri dari empat hal, diantaranya kinerja masa lalu dalam suatu tugas, belajar dari orang lain melalui observasi, keadaan emosional, dan dukungan sosial (Dewitz, et al, 2009). Muro dan Dinkmeyer (1980) menyebut definisi biblioedukasi adalah pendekatan psikiatris melalui bacaan yang berkaitan langsung dengan bahan bacaan sebagai alat untuk mencapai kesehatan mental. Definisi menurut Brammer (1982) memperluas penggunaan biblioedukasi kedalam bidang pendidikan, pekerjaan, seks, konseling keluarga dan perkawinan, serta agama. Menurut Cohoe (1960) mengartikan biblioedukasi sebagai bacaan khusus dari tulisan-tulisan yang telah diseleksi untuk tujuan terapis. Penelitian yang dilakukan harus menggunakan teknik yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan biblioedukasi untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian. Oleh karena itu peneliti menggunakan biblioedukasi dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan dalah penelitian preeksperimental one grup pre-test dan post-test. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian yang berjumlah 33 siswa, dari populasi itu diambil sampel penelitian sebanyak 6 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, pemilihan sampel ini dipilih berdasarkan hasil skor interaksi sosial siswa yang rendah melalui pengisian skala pengukuran interaksi sosial siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang telah uji validitas dan uji reliabilitas Cronbach Alpha
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:30 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 15:58 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/948 |