HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 22 SURABAY

CAHYANTO, FEBRI NUR (2020) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 22 SURABAY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (454kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (260kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (276kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pusaka Dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pusaka Dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Cahyanto, Febri Nur. 2020. Hubungan Kecerdasan
Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn
Kelas VII di SMP Negeri 22 Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Suhartono, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar PKn
Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih
prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki
mental yang tinggi, karena mental merupakan bekal kekuatan
yang akan memudahkan dalam belajar dan pada saatnya akan
menghasilkan prestasi belajar yang bagus. Maka penulis
mengadakan penelitian dengan tujuan, untuk mengetahui
adakah hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional
dengan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMPN 22 Surabaya.
Pada penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yang
terdiri dari: 1) adakah hubungan kecerdasan emosional siswa
serta terhadap hasil belajar PKn di kelas VII SMP Negeri 22
surabaya, 2) bagaimanakah hubungan kecerdasan emosional
siswa serta terhadap hasil belajar PKn di kelas VII SMP Negeri
22 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22
Surabaya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu
angket, tes dan dokumentasi
Hasil perhitungan dan penelitian Hubungan
Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn
Kelas VII di SMP Negeri 22 Surabaya di dapatkan nilai r hitung
sebesar 0,9558 dengan taraf signifikan 5% (α = 0.05) diperoleh
nilai r table sebesar 0,367. Dengan demikian r hitung lebih
besar dari r table atau 0,9558 > 0,367. Artinya ada hubungan
yang positif anatara kecerdasan emosional dengan hasil belajar
PKn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:18
Last Modified: 08 Nov 2022 08:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item