PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING HURUF HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI PANTENAN

Safitrie, Cyta Nur (2021) PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING HURUF HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI PANTENAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (600kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (162kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (192kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Safitrie, Cyta N. 2021. Pengaruh Kegiatan Finger Painting Huruf
Hijaiyah Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak
Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Pantenan. Program studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi Dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing : Aisyah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Finger Painting, Huruf Hijaiyah, Motorik Halus.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan
motorik halus anak usia 4-5 tahun yang cenderung masih rendah.
Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya
pehatian guru dalam pemilihan kegiatan pembelajaran untuk anak,
seringkali anak mearasa bosan dengan kegiatan pengembangan
motorik halus yang sudah sering dilakukan. Selain itu terdapat faktor
lain yaitu kuragnnya kesadaran dari orang tua untuk membiarkan
anak mandiri dalam mengerjakan tugas. Tujuan yang ingin dicapai
dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh kegiatan finger painting
huruf hijaiyah terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5
tahun di TK PGRI Pantenan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian pre-ekperimental dengan bentuk one group
pretest-postetst design. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5
tahun di TK PGRI Pantenan dengan jumblah 15 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah pretest, posttest, observasi
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik
dengan rumus uji-t.
Berdasarkan latar belakang masalah, rumusan masalah, dan
tujuan penelitian yang telah diketahui pada BAB I dan diperkuat
dengan hasil analisis data dalam BAB IV menunjukkan bahwa “Ada
Pengaruh Kegiatan Finger Painting Huruf Hijaiyah Terhadap
Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK PGRI
Pantenan” yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis dengan
perhitungan Thitung = 7,36 lebih besar daripada Ttabel = 1,76
dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,76 dengan N= 15 yang berarti
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting huruf
hijaiyah berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia
4-5 tahun di TK PGRI Pantenan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:41
Last Modified: 11 Nov 2022 04:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item
View Item