PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VARIASI KETERAMPILAN MENGGIRING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA

AZIZ, ABDUL (2020) PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VARIASI KETERAMPILAN MENGGIRING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (912kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (93kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aziz, Abdul. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model
Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Variasi Keterampilan Menggiring Pada Permainan Sepak Bola.
Skripsi Program studi Pendidikan Jasmani. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dr.
Ujang Rohman, M.Kes.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning,
Menggiring
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
proses hasil belajar variasi keterampilan menggiring pada
permainan sepakbola dengan Penerapan Model Pembelajaran
Discovery Learning pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 54
Surabaya tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini yang menjadi
subjek adalah siswa kelas IX-E yang berjumlah sebanyak 35 siswa
yang terdiri dari 18 siswa putra dan 17 siswa putri yang akan
diberikan tindakan melalui model pembelajaran penemuan
(Discovery Learning) terhadap proses hasil belajar teknik dasar
variasi keterampilan menggiring dengan berbagai bagian kaki pada
permainan sepak bola. Dari hasil data awal (Pre test) yang telah
dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam
melakukan variasi keterampilan gerak dalam seakbola masih
rendah yaitu ada 15 orang siswa yang tuntas dalam belajarnya atau
42,9% dan 20 orang siswa yang tidak tuntas dalam belajarnya atau
57,1%. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Metode yang
dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Dari test hasil belajar siklus I
diperoleh sebanyak 15 orang siswa dengan nilai setelah
dikonfersikan sebesar 42,9% telah mencapai tingkat ketuntasan
dalam belajar sedangkan 20 orang siswa (57,1%) belum mencapai
tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dirata-rata adalah 76,11. (2) Dari test hasil belajar
siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai
setelah dikonfersikan sebesar 77,2% yang telah mencapai tingkat
ketuntasan dalam belajar dan 8 orang siswa (22,8%) masih belum
tuntas dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah
dirata-rata adalah 79,9. Dari data penelitian siklus I dan siklus II
terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah
dikonfersikan sebesar 3,79 sedangkan peningkatan nilai ketuntasan
secara klasikal siswa setelah dikonfersikan sebesar 34,3%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
dapat meningkatkan hasil belajar variasi keterampilan menggiring
pada permainan Sepak Bola pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 54
Tahun Pelajaran 2019-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:42
Last Modified: 08 Nov 2022 09:00
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item