Sari, Vina Maylan (2021) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Sukodono. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (282kB)
3.. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (112kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektif tidaknya pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 4) respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPON 1 sukodono tahun ajaran 2020/2021. Sample diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-D yang terdiri atas 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, dan kuesioner.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom efektif; 2) kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor akhir sebesar 3,8; 3) aktifitas siswa pada pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom termasuk dalam kategori sangat aktif dengan jumlah persentase aktifitas siswa yang relevan sebesar 92,71%; 4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom baik dan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentasi sebesar 76%; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom berada pada kriteria sfektifitas sangat tinggi dengan presentase sebesar 79% dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94% dan yang tidak tuntas sebesar 6%.
Kata kunci : efektivitas, aplikasi google clasroom, pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 06:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1048 |