Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Sukodono

Sari, Vina Maylan (2021) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Sukodono. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (282kB)
[thumbnail of 3.. BAB I.pdf] Text
3.. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (112kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektif tidaknya pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 4) respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPON 1 sukodono tahun ajaran 2020/2021. Sample diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-D yang terdiri atas 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, dan kuesioner.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom efektif; 2) kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor akhir sebesar 3,8; 3) aktifitas siswa pada pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom termasuk dalam kategori sangat aktif dengan jumlah persentase aktifitas siswa yang relevan sebesar 92,71%; 4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom baik dan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentasi sebesar 76%; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom berada pada kriteria sfektifitas sangat tinggi dengan presentase sebesar 79% dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94% dan yang tidak tuntas sebesar 6%.
Kata kunci : efektivitas, aplikasi google clasroom, pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:39
Last Modified: 14 Dec 2022 06:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item
View Item