FAHIMUDDIN, ALFIAN (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (609kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (619kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Fahimuddin, Alfian. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring
Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi
Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. (2) Annisa Dwi
Sulistyaningtyas, S.Si., M.Si.
Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran daring menggunakan
zoom meeting, hasil belajar matematika,
pandemi Covid-19.
Penggunaan platform zoom meeting dalam pembelajaran
daring di masa pandemi Covid-19 saat ini diharapkan menjadi
solusi yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA EFEKTIF 2 SMA Antartika Sidoarjo tahun ajaran
2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri atas lembar observasi kemampuan guru mengelola
pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon
siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
memperoleh rata-rata 3,56 dan termasuk dalam kriteria “sangat
baik”; (2) rata-rata aktivitas siswa selama mengikuti
pembelajaran memiliki presentase sebesar 93,75% dan
tergolong kategori “sangat aktif”; (3) respon siswa dikatakan
“positif” karena meperoleh presentase sebesar 75,41%; dan (4)
pada hasil belajar memiliki presentase ketuntasan secara
klasikal sebesar 94,23%. Sehingga pembelajaran daring
menggunakan zoom meeting terhadap hasil belajar matematika
siswa pada masa pandemi Covid-19 dikatakan “efektif”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:16 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 04:09 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1391 |