Warda, Lailatur (2021) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DENGAN KEPRIBADIAN MELANCHOLIC DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (94kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (180kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Warda, Lailatul, 2020. Proses Berpikir Kritis Siswa SMP Dengan
Kepribadian melancholic Dalam Pemecahan
Masalah Matematika. Program studi pendidikan
matematika. Fakultas sains dan teknologi
universitas PGRI adi buana Surabaya.
Pembimbing: Moh. Syukron Maftuh, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : berpikir kritis, pemecahan masalah matematika,
kepribadian melancholic
Dalam memecahkan masalah matematika, siswa
membutuhkan proses berpikir salah satunya yaitu berpikir kritis.
Berpikir kritis merupakan proses menggabungkan dan menganalisis
pengetahuan dan pengalaman yang ada untuk mengevaluasi
permasalahan yang kurang dikenal secara mendalam sampai
mendapatkan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah. setiap
siswa memiliki cara berpikir yang berbeda-beda dalam memecahkan
masalah, hal ini dikarenakan setiap siswa mempunyai kepribadian
yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
berpikir kritis siswa SMP dengan kepribadian melancholic dalam
pemecahan masalah matematika sehingga penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dua siswa kelas IX-J di SMPN 2 Sukodono yang
mempunyai kepribadian melancholic. teknik keabsahan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. sedangkan
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes
pemecahan masalah (TPM) dan tes wawancara.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan,
dapat disimpulkan bahwa proses berpikir kritis siswa SMP dengan
kepribadian melancholic dalam pemecahan masalah matematika
yaitu pada tahap memahami masalah subjek melancholic memenuhi
indikator berpikir kritis seperti focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Pada tahap membuat rencana subjek melancholic memenuhi indikator berpikir kritis seperti focus, reason, inference, clarity, dan overview, tetapi subjek tidak memenuhi di indikator situation. Pada tahap melakukan rencana subjek melancholic memenuhi indikator berpikir kritis seperti focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Dan pada tahap memeriksa kembali jawaban subjek melancholic memenuhi indikator berpikir kritis seperti focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:22 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 07:20 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1392 |