THE INFLUENCE OF USING RECIPROCAL TEACHING MODEL TO THE STUDENTS READING ACHIEVEMENT

Pratiwi, Arieftasakti Fortuna (2019) THE INFLUENCE OF USING RECIPROCAL TEACHING MODEL TO THE STUDENTS READING ACHIEVEMENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (525kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (79kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pratiwi, Arieftasakti Fortuna. 2019. The Influence of Using
Reciprocal Teaching Model to The Students Reading
Achievement. Undergraduate Thesis, English Education
Department, Faculty of Teacher Training Education,
University of PGRI Adi Buana Surabaya, The Advisor :
Dr. Hj. Endang Mastuti Rahayu, M.Pd.
Keywords: model beajar reciprocal, pencapaian membaca.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan Model Pengajaran Reciprocal terhadap
prestasi membaca siswa. Karena dalam mata pelajaran bahasa
Inggris, keterampilan membaca secara dominan diuji dalam ujian
yang ada banyak teks yang perlu dipahami siswa. Dengan
menggunakan model membaca yang tepat, siswa akan lebih mudah
untuk memahami teks dan lebih aktif selama pengajaran
pembelajaran melalui Model Pengajaran Timbal Balik yang
mungkin memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi membaca
siswa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain eksperimen sejati untuk mengolah data. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 di SMP Negeri 1 Taman
dengan total 400 siswa. Peneliti menggunakan teknik cluster random
sampling dengan koin untuk menentukan kelas dan mendapatkan
hasil yaitu 7C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 33 siswa
dan 7E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa. Peneliti menggunakan tes objektif untuk pengumpulan data. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus uji-t. Dari hasil uji-t, peneliti menemukan hasilnya adalah 3,26. Sementara itu, t-tabel adalah 1,66901 pada probabilitas 5%. Artinya Hipotesis Alternatif diterima dan Hipotesis Null ditolak karena t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pengajaran resiprokal terhadap prestasi membaca siswa di SMPN 1 Taman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:48
Last Modified: 20 Dec 2022 06:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item
View Item