Rahma, Deshinta Nur (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMPN 9 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
2. Halaman depan DESHINTA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (812kB)
ABSTRAK DESHINTA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (15kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (171kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Rahma, Deshinta. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMPN 9 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. I Wayan Arsana, M.Pd dan Bapak Suhartono, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kreativitas dan Hasil Belajar
PPKn.
Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran PPKn yang monoton dan kurang menarik. Karena guru biasanya melakukan kegiatan belajar mengajar dengan model kovensional (ceramah) tanpa mengguna alat bantu berupa media pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Power point dan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 9 Surabaya yang memilik kreativitas berbeda.
Dalam penelitian ini dirancang menggunakan Non- equivalent control group dengan teknik analisis data menggunakan (ANOVA 2x2). Sampel penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas VII SMP Negeri 9 Suarabaya. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukkan menghasilkan 1) nilai thitung sebesar 0,408 > dari tingkat signifikan yaitu 0,05, H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran PPT dan Video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 9 Surabaya. 2) nilai thitung sebesar 0,266 > dari tingkat signifikan yaitu 0,05, H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada pengaruh kreativitas tingkat tinggi dan rendah terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 9 Surabaya. 3) nilai thitung sebesar 0,150 > dari tingkat signifikan yaitu 0,05, H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 9 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 07:02 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 07:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1673 |