Mulyani, Sri Wahyu (2019) PENGARUH MEDIA PANGKAT (PAPAN GABUNG KATA) TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA TEMA 3 (TUGASKU SEHARI-HARI) SUBTEMA 1 (TUGASKU SEHARI-HARI DI RUMAH) PEMBELAJARAN 6 SISWA KELAS II SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (607kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (11kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (35kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran Fiks.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (12MB)
Abstract
Mulyani, Sri Wahyu, 2019. Pengaruh Media Pangkat (Papan
Gabung Kata Terhadap Keterampilan Bercerita Tema 3
(Tugasku Sehari-hari) Subtema 1 (Tugasku Sehari-hari di
Rumah) Pembelajaran 6 Siswa Kelas II SDN Ketabang
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing:
(1) Drs. Bahauddin Azmy., M. Pd.,
(2) Drs. H. Atnuri., S. H., M. Pd.
Kata Kunci: media pangkat (papan gabung kata) keterampilan
berbicara.
Penelitian ini didasarkan pada kenyataan dilapangan bahwa
siswa menganggap bahwa kegiatan bercerita didepan kelas
merupakan hal yang sulit. Dengan menggunakan sebuah media yang menarik, jelas, dan inovatif, yaitu media Pangkat akan memudahkan peserta didik dalam menyampaikan ide, perasaan, dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai topik yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan media Pangkat pada proses pembelajaran serta mengetahui pengaruh media Pangkat (Papan Gabung Kata) terhadap Keterampilan Bercerita Tema 3 (Tugasku Sehari-hari) Subtema 1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah) Pembelajaran 6 Siswa Kelas II SDN Ketabang Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design- Posttest Only Control Design. Sampel penelitian meliputi kelas II-C dan II-A berjumlah 81 siswa, yang menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes keterampilan bercerita. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni persentase dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dan siswa
dalam menggunakan media sangat baik serta terdapat pengaruh
penggunaan media Pangkat (Papan Gabung Kata) Tema 3 (Tugasku
Sehari-hari) Subtema 1 (Tugasku Sehari-hari Dirumah) Pembelajaran 6 Siswa Kelas II SDN Ketabang Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:41 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:56 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2226 |