Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 SD Hang Tuah 10 Juanda

Khotimah, Khusnul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 SD Hang Tuah 10 Juanda. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (586kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (195kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (197kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (298kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan kenyataan dilapangan siswa yang menganggap bahwa keterampilan berbicara sangatlah sulit diterapkan pada pembelajaran. Peran model pembelajaran Jigsaw diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw, secara tidak langsung siswa dituntut untuk berbicara dalam menyampaikan materi yang mereka dapatkan dihadapan teman sekelompoknya. Tidak hanya melatih dan meningkatkan keterampilan berbicara tetapi juga melatih rasa percaya diri siswa saat berbicara didepan umum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan aktivitas dalam penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V tema 4 subtema 1 pembelajaran 6 SD Hang Tuah 10 Juanda. Berdasarkan rumusan masalah penelitian yaitu “Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada keterampilan berbicara kelas V tema 4 subtema 1 pembelajaran 6 SD Hang Tuah 10 Juanda”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental DesignPosttest Only Control Grup. Sampel penelitian siswa kelas V yang berjumlah 56, menggunakan Sampling Purposive. Teknik pengumpulan vi data menggunakan obsevasi dan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam penggunaan model pembelajaran Jigsaw sangat baik dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda.
Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:15
Last Modified: 20 Dec 2022 08:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item
View Item