MEO, ANANIAS (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEDATI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (526kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (165kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (223kB)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (927kB)
Abstract
Meo, Ananias. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Diskusi Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Dalam
Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas VII SMPN 1 Sedati Sidoarjo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing:
Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd
Kata kunci: Teknik diskusi, Bimbingan Kelompok, Rasa Percaya Diri
Siswa Dalam Mengungkapkan Pendapat.
Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan, yaitu
ingin mengetahui signifikansi pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap rasa
percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapat
siswa kelas VII SMPN 1 Sedati Sidoarjo.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII-4 . Sampel dilakukan dengan purposive sampling
untuk mengambil satu kelas yaitu VII-4 berjumlah 30
siswa. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one
group pre test post test. Variabel bebas dalam penelitian
ini adalah teknik Diskusi dalam Bimbingan kelompok.
Instrumen yang digunakan juga telah diuji cobakan
menggunakan spss for windows versi 23.0 dengan
tingkat ke valid an sebesar 0.374 dapat dinyatakan valid.
Dari populasi 30 siswa telah didapat menjadi 6 orang
siswa.
Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh yang
signifikan antara teknik diskusi dalam bimbngan
kelompok. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan statistik non parametrik dengan teknik uji
Wilcoxon pada SPSS for windows versi 23. Dari hasil uji
wilcoxon dapat diketahui Z (-2.201) dengan Asymp. Sig
(2-tailed) bernilai 0,028 dimana 0,028 ≤ 0,05 (taraf
signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Hi diterima
dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara
pre-test dan post-test strategi asertif training dalam
v
konseling kelompok, sehingga terdapat pengaruh yang
signifikan “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Diskusi Terhadap Rasa Percaya Diri
Siswa Dalam Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas VII
SMPN 1 Sedati Sidoarjo”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:50 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 04:05 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/508 |