PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI SMA SEJAHTERA SURABAYA

WIDIYANTI, RAHMA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI SMA SEJAHTERA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.HALAMAN JUDUL.pdf] Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 3. BAB I (1).pdf] Text
3. BAB I (1).pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 9.LAMPIRAN.pdf] Text
9.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
Pakem terhadap hasil belajar trigonometri siswa kelas XI IPA SMA
Sejahtera Surabaya, dalam penelitian ini terdapat dua kelas. Populasi
dalam penelitian yang digunakan seluruh siswa kelas XI SMA
Sejahtera Surabaya. Peneliti mengambil kelas XI dijadikan sebagai
sampel penelitian yang berjumlah 62 siswa terdiri XI A1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI A2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik
pertimbangan tertentu.
Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan
desain penelitian Quasi-Eksperiment menggunakan rancangan
penelitian Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design.
Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes essay yang dianalisis
menggunakan uji prasyarat data dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil
analisis, diperoleh t_hitung = 2,82 dan t_tabel = 2,00 menunjukkan
bahwa t_hitung > t_tabel sehingga dapat disimpulkan terdapat
pengaruh model pembelajaran Pakem terhadap hasil belajar
trigonometri siswa.

This study aims to determine the effect of the Pakem model on
trigonometry learning outcomes for class XI IPA SMA Sejahtera
Surabaya, in this study there are two classes. The population in the
study used all students of class XI SMA Sejahtera Surabaya. The
researcher determined that class XI as the research sample which
totaled 62 students consisted of XI A1 as the experimental class and
class XI A2 as the control class. The sampling technique in this study
used purpossive sampling or certain consideration techniques.
The research approach is a quantitative approach with a QuasiExperimental research design using a Non-Equivalent Pretest-Posttest
Control Group Design. Data collection techniques used essay test
questions which were analyzed using data prerequisite tests and
hypothesis testing. Based on the results of the analysis, it was obtained
that t_count = 2.82 and t_table = 2.00 indicating that t_count > t_table
so that it can be concluded that there is an influence of the Pakem
learning model on student trigonometry learning outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mrs Rahma Widiyanti
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:52
Last Modified: 24 Jul 2024 07:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item
View Item