PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 PRAJEKAN PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR

SAVIRO, GORDINUS (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 PRAJEKAN PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of BAB I1.pdf] Text
BAB I1.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMPN 1 Prajekan. Ada banyak cara untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan model pembelajaran Kontekstual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah ada pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa?”. Memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Prajekan.
Design penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis Quasai Experimen Design sedangkan bentuk penelitiannya menggunkan posttes only control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Prajekan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan VII-E. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes.Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis atau uji-f.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa nilai signifikasi uji-f 0,000 < 0,05 yang artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 1 Prajekan pada materi persamaan linear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mr Gordy Saviro
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:24
Last Modified: 15 Jul 2024 07:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5953

Actions (login required)

View Item
View Item