PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

SENGGA, ELISABET LUSITANIA PUTRI (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 2. ABSTRAK .pdf] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (2).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (2).pdf

Download (736kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Sengga, Elisabet Lusitania P. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Program studi bimbingan dan konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Percaya Diri

Percaya diri merupakan yakin akan kemampuan diri yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Dengan memiliki rasa percaya diri peserta didik dapat dengan mudah dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Namun pada kenyataannya yang terjadi saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki percaya diri rendah. Jika percaya diri pada peserta didik tidak ditingkatkan maka akan menimbulkan ketidakmampuan peserta didik dalam mengekpresikan dirinya sesuai dengan kemampaun yang dimiliki. Oleh karena itu perlu diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap percaya diri siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan, yaitu ingin mengetahui signifikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap percaya diri siswa kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Sampel dilakukakn dengan random sampling untuk mengambil secara acak dari 124 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. instrument yang digunakan telah diuji coba menggunakan spss for windows versi 26.0. hasil uji valid dilakukan pada 124 siswa telah didapat menjadi 8 orang siswa. Analisis penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil 0,012 karena 0,012 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan percaya diri siswa kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

ABSTRACT

Sengga, Elisabet Lusitania P. The Effect of Group Guidance Using Sociodrama Techniques on the Confidence of Class X Students of SMA Hang Tuah 4 Surabaya. The guidance and education study program of the Faculty of Pedagogy and Psychology. PGRI Adi Buana University, Surabaya. Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Sociodrama Techniques, Group Guidance, Self-confidence

Confidence is believing in one’s abilities which is very important in the development of students. By having self-confidence, students can easily develop their potentials. However, in reality, there are still many students who have low self-esteem. If self-confidence in students is not increased, it will lead to the inability of students to express themselves according to their abilities. Therefore it is necessary to provide group guidance services with the sociodrama technique on student self-confidence. This research was conducted to achieve the goal, which is to find out the significant effect of group education with the sociodrama technique on the self-confidence of class X students at SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Samples were taken by random sampling to take randomly from 124 students. This study used a one group pre-test post-test design. The instrument used has been tested using SPSS for Windows version 26.0. valid test results carried out on 124 students have been obtained to 8 students. The analysis of this study used the Wilcoxon test with a result of 0.012 because 0.012 is less than 0.05, so it can be concluded that there is a significant effect between group education and the sociodrama technique on increasing the self-confidence of class X students at SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Ms. ELISABET LUSITANIA PUTRI SENGGA
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:46
Last Modified: 20 Aug 2024 01:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item
View Item