PENGARUH MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK RA B EL RAHMAH SURABAYA

Hasanah, Siti Roudlotul (2023) PENGARUH MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK RA B EL RAHMAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN MBAK ANA.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN MBAK ANA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Hasanah, Roudlotul Siti. 2023 “Pengaruh Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak Di Kelompok B Di Ra El Rahmah Surabaya”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pedagogik Dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Dengan Pembimbing Isabella Hasiana S.Psi, M.Psi.

Kata Kunci: Metode Bercerita dengan boneka jari, Kemampuan Bercerita, Anak.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bercerita pada anak yang perlu adanya stimulasi untuk meningkatkan perkembangan bercerita, karena di sekolah tersebut kurang menarik ketika bercerita dan kurangnya ada media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media boneka jari terhadap kemampuan bercerita pada anak kelompok B Ra El Rahmah surabaya. Bercerita adalah upaya untuk
mengembangkan potensi kemampuan bercerita anak
melalui pendengaran dan kemudian menuturkannya kembali dengan tujuan melatih kemampuan anak dalam bercakap-cakap untuk menyampaikan ide dalam bentuk lisan. Media boneka jari dapat menjadi salah satu alternatif media yang efektif untuk digunakan dalam mengembangkan metode dan meteri pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan fungsi yang ingin dicapai. Dalam hal ini boneka adalah tiruan dari bentuk manusia dan bahkan sekarang termasuk tiruan dari bentuk binatang. Atau dapat dikatakan sebagai salah satu model perbandingan. Boneka dalam penampilannya memiliki karakteristik khusus, maka dalam bahasan ini dibicarakan tersendiri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan jenis One Group PreTest- PostTest Design, yaitu penelitian yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. One group PreTest PostTest Design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat setelah diterapkannya. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompk B RA EL Rahmah surabaya
yang berjumlah 30 anak. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan yang berkaitan dengan hasil penelitian dan hasil analisis uji hipotesis. Hasil perhitungan di atas, maka didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan boneka jari terhadap kemampuan bercerita anak pada kelompok B
di Ra El Rahmah Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Mrs Siti Roudlotul Hasanah
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:35
Last Modified: 03 Jul 2024 08:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6262

Actions (login required)

View Item
View Item