IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA TRANSISI PANDEMI COVID-19

Tyas, Puji Ning (2023) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA TRANSISI PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMAN 22 Surabaya yang menunjukkan menurunnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental bentuk one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 22 Surabaya, dan sebagai sampelnya adalah 5 peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah.
Teknik analisis data ini menggunakan Statistika parametrik pada SPSS for windows versi 25.0 dengan Teknik Uji Paired Sample T-test. Pengujian dilakukan dengan menggunakan signifikan 0.05 antar variabel independen dengan variabel dependen. Pada penelitian ini nilai Sig (2-tailed) bernilai 0,02 yang dimana dinyatakan signifikan karena kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima adanya pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan ular tangga untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 22 Surabaya.

This research was conducted based on the phenomenon that exists at SMAN 22 Surabaya which shows a decrease in student learning motivation. This study uses a quantitative approach with the type of pre-experimental research in the form of one group pre-test post-test design. The research population was students of class XI IPS SMAN 22 Surabaya, and as a sample were 5 students who had low learning motivation.
This data analysis technique uses parametric statistics on SPSS for windows version 25.0 with the Paired Sample T-test Test Technique. Testing is done using a significant 0.05 between the independent variable and the dependent variable. In this study the Sig (2-tailed) value is 0.02 which is declared significant because it is less than 0.05. So it can be concluded that Hₒ is rejected and Hₐ is accepted that there is a significant effect of group guidance services with snakes and ladders game media to foster learning motivation of students in class XI IPS SMAN 22 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Puji Ning Tyas
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:42
Last Modified: 20 Aug 2024 01:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item
View Item