VIA AMANDA, HELSA (0022) PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
2. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (459kB)
3. BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (538kB)
9. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Motivasi belajar adalah dorongan internal dan
eksternal pada siswa- siswa yang sedang belajar untuk
mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan
beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Macam pola
asuh orangtua tersebut yaitu, demokratis, dengan orangtua
sebagai pemimpin keluarga mengajak anaknya menentukan
tujuan serta merencanakan langkah yang akan
dilaksanakan, otoriter, dimana orangtua menentukan segala
kegiatan anaknya secara paksa, permisif, yang merupakan
polaasuh dimana orangtua menjalankan peranan yang
pasif, menyerahkan penentuan tujuan dan kegiatan
seluruhnya kepada anak dengan memenuhi segala kebutuhan
tanpa mengambil inisiatif apapun. Berdasarkan latar
belakang diatas maka pentingnya pengaruh konsep diri serta
pola asuh orangtua pada motivasi belajar peserta didik agar
memberikan lebih banyak informasi dan wawasan kepada
guru dan orang tua tentang cara mengoptimalkan
peran, kewajiban, dan tanggung jawab mereka dengan lebih
baik.
Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMA Negeri 1
Driyorejo Gresik. Karakteristik subjek penelitiannya adalah
siswa kelas X, teknik simple random sampling atau teknik
pengambilan sampel atau elemen secara acak, di mana setiap
elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang
sama untuk terpilih menjadi sampel. Jadi, sampel diambil dari
siswa kelas X 1, X2 SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik dengan
total 60 siswa.
vii
`
Penelitian deskriptif ialah penelitian yang
dimaksudkan untuk menyelidiki suatu kondisi, keadaan, atau
peristiwa lain, kemudian hasilnya akan dparkan dalam
bentuk laporan penelitian. variabel konsep diri sebesar 0,923
0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, yang
berarti variabel konsep diri tidak berpengaruh signifikan
terhadap motivasi belajar. variabel pola asuh demokratis
sebesar 0,000 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak, yang berarti variabel pola asuh demokratis
berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Pengaruh
konsep diri dan pola asuh demokratis memiliki pengaruh
yang kuat terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Driyorejo
Gresik.
Analisa yang di peroleh dari hasil perhitungan oleh
penulis dapat di simpulkan bahwa Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh dari penelitian pengaruh konsep
diri dan pola asuh demokratis terhadap motivasi belajar siswa
SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik, analisis motivasi belajar
siswa menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara konsep diri dan pola asuh demokratis terhadap
motivasi belajar siswa sebesar 74,7% . Pengaruh tersebut
bersifat positif yang berarti semakin tinggi dan baik konsep
diri dan polaasuh demokratis yang diberikan orang tua kepada
anaknya maka berpengaruh semakin tinggi pula motivasi
belajar siswa tersebut.
Kata kunci: Konsep diri, Pola Asuh Demokratis
Orangtua, Motivasi Belajar
ABSTRACT
Learning motivation is an internal and external
encouragement for students who are learning to make
changes in behavior, generally with several indicators or
supporting elements. These types of parenting patterns are,
namely, democratic, with parents as family leaders inviting
their children to determine goals and plan the steps to be
implemented, authoritarian, where parents determine all their
children's activities by force, permissive, which is a parenting
style where parents play a passive role, leaving the decision
of goals and activities entirely to the child by fulfilling all
needs without taking any initiative. Based on the background
above, the importance of the influence of self-concept and
patterns of foster parents on students' learning motivation is
to provide more information and insight to teachers and
parents about how to better optimize their roles, obligations
and responsibilities.
This research was conducted on students at SMA
Negeri 1 Driyorejo Gresik. The characteristics of the research
subjects are class So, samples were taken from students in
class X 1, X2 of SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik with a total
of 60 students.
Descriptive research is research that is intended to
investigate a condition, situation or other event, then the
results will be presented in the form of a research report. the
self-concept variable is 0.923 0.05, so it can be concluded that
H0 is accepted, which means the self-concept variable has no
significant effect on learning motivation. the democratic
ix
`
parenting pattern variable is 0.000 0.05, so it can be
concluded that H0 is rejected, which means the democratic
parenting variable has a significant effect on learning
motivation. The influence of self-concept and democratic
parenting has a strong influence on students' learning
motivation at SMAN 1 Driyorejo Gresik.
The analysis obtained from the results of calculations
by the author can be concluded that Based on the research
results obtained from research on the influence of self-
concept and democratic parenting on students' learning
motivation at SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik, the analysis
of students' learning motivation shows that there is a
significant influence between self-concept and democratic
parenting on student learning motivation was 74.7%. This
influence is positive, which means that the higher and better
the self-concept and democratic parenting style that parents
give to their children, the higher the influence on the student's
learning motivation.
Keywords: Self-concept, Democratic Parenting Pattern,
Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Mrs. Helsa Via Amanda Helsa |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:30 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:30 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7978 |