Re-design dan Penataan Ruang Parkir Kampus II Unipa Surabaya

Pangestu, Artha Putra Dewa (2022) Re-design dan Penataan Ruang Parkir Kampus II Unipa Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (977kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (491kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (897kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

(Artha Putra Dewa Pangestu), 2022, Re-Design dan Penataan Ruang Parkir Kampus II
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Tugas Akhir, Program Studi : Perencanaan
Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen
Pembimbing: A.A. Sagung Alit Widyastuti. S.T., M.T.
Bertambahnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya di Univiersitas PGRI Adi Buana
Surabaya menyebabkan kebutuhan lahan parkir semakin besar sedangkan ketersediaan
lahan semakin terbatas karena adanya pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah
mengidentifikasi karakteristik ruang parkir, mengetahui Persepsi dan Preferensi ruang
parkir, dan memberikan arahan penataan parkir berdasarkan Persepsi dan Prefrensi
pengguna parkir kendaraan bermotor di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif, IPA dan SWOT. Hasil
penelitian ini adalah tata guna lahan dominasi oleh lahan tidak terbangun (62)%. Rata-rata
volume parkir mobil tertinggi berada di segmen PM 1 (17 unit), sepeda motor tertinggi
berada DI segmen PSM 1 dan PSM 2 (45 unit). Jenis sudut parkir yang digunakan adalah
jenis parkir tegas lurus, parkir 45o, dan 90o. Durasi tertinggi parkir mobil terletak di
segmen PM 3 (2,90 jam),dan sepeda motor berada di segmen PSM 2 dan PSM 4 (1,90
jam). Akumulasi parkir mobil tertinggi berada di segmen PM 3 (15 unit) dan sepeda motor
berada pada segmen PSM 1 dan PSM 2 (80 Unit). Pergantian parkir tertinggi berada di
segmen PM 3 (1,20), dan sepeda motor yang tertinggi berada pada PSM 43 (1,07). Indeks
parkir mobil tertinggi terdapat di segmen PM 3 (109,8 %), dan sepeda motor adalah sebesar
146.3 % di segmen PSM 1 dan PSM 2.. Kebutuhan parkir di Kampus II Universitas PGRI
Adi Buana pada tahun 2021 adalah 11299 m2. Hasil dari persepsi dan preferensi
mahasiswa terletak pada kuadran II, yang berarti mahasiswa beranggapan bahwa
keberadaan ruang parkir di Kampus II Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memberikan
dampak positif atau layak dipertahankan keberadaan serta keunggulannya. Arahan
penataan letak ruang parkir adalah : peningkatan sarana dan prasarana parkir,
mempertahankan aspek keamanan pada lokasi parkir, menambah lahan untuk parkir
kendaraan roda 2, menambah pembatas disetiap titik lokasi parkir, mempertahankan luasan
parkir kendaraan roda 4, peningkatan aspek penandaan seperti arah masuk dan keluar, serta
tanda parkir dan dilarang parkir, pemerataan titik lokasi parkir, serta peningkaatan sirkulasi
parkir.
Kata Kunci : Karakteristik, Persepsi, Preferensi, Ruang Parkir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:38
Last Modified: 08 Nov 2022 08:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item