PENGARUH BELAJAR DARI RUMAH DENGAN METODE PROYEK TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ATTARBIYAH

Nuraini, Aan Ela (2021) PENGARUH BELAJAR DARI RUMAH DENGAN METODE PROYEK TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ATTARBIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA..

[thumbnail of 1.Cover.pdf] Text
1.Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (257kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nuraini, Aan Ela. 2021. Pengaruh Belajar Dari Rumah
Dengan Metode Proyek Terhadap Kemandirian
Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Attarbiyah. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Made Ayu Aggreni, S.Pd,. M.Pd
Kata kunci: Metode proyek, Kemandirian, Anak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkat
kemandirian dalam menyelesaikan masalah sederhana melalui
metode proyek anak usia 5-6 tahun di RA Attarbiyah.
Subjek penelitian anak kelompok B berjumlah 10
anak, 2 anak laki-lai dan 8 anak perempuan. Penelitian ini
menggunakan metode proyek dengan kegiatan berkebun.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil analisis data bahwa thitung= 3,105 lebih besar dari
ttabel 1,83 pada taraf signifikasi 0,05 maupun 2, 82 pada taraf
signifikasi 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa metode proyek
sangat berpengaruh secara signifikan pada kemandirian anak
kelompok B sebelum dan sesudah perlakuan
Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa
kemandirian dapat ditingkatkan dengan metode proyek, karena
anak dapat menanam bibit biji tanaman, menyiram tanaman,
bertanggungjawab terhadap tanaman dan mentaati aturan
kegiatan berkebun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:02
Last Modified: 11 Nov 2022 06:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item
View Item