UPAYA PENGGUNAAN MEDIA BOTOL PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2022/2023

Brilliant Pratama, Ade (2023) UPAYA PENGGUNAAN MEDIA BOTOL PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN Ade Brilliant.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN Ade Brilliant.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pratama, Ade B. UPAYA PENGGUNAAN MEDIA BOTOL PLASTIK
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN RENANG
GAYA BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2
SUKODONO TAHUN AJARAN 2022/2023. Program studi
Pendidikan Jasmani. Fakultas Pedagogik dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr.
Ujang Rohman, M.Kes Pembimbing (2) Dr. Sumardi,
M.Kes
Kata kunci: pembelajaran, media pembelajaran, renang gaya bebas
Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang, identifikasi
dan pembatasan masalah, maka dapat di rumuskan masalah penelitian
sebagai berikut: Apakah penggunaan media botol plastik dapat
meningkatkan keterampilan renang gaya bebas pada siswa kelas VIII
SMPN 2 Sukodono Tahun Ajaran 2022/2023 Berdasarkan
permasalahan yang telah dirumuskan di atas, penelitian ini
mempunyai tujuan untuk meningkatan keterampilan renang gaya
bebas melalui penerapan media botol plastik pada siswa kelas VIII
SMPN 2 Sukodono Tahun Ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan
data dari penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tes dan observasi:
Tes dilakukan untuk melihat kondisi keterampilan renang gaya bebas
siswa belajar renang gaya bebas dengan menggunakan media botol
plastik sebagai pelampung. Observasi dilakukan sebagai
pengumpulan data partisipasi siswa dan selama kegiatan pembelajaran
berlangsung menggunakan media botol plastik sebagai pelampung
guna meningkatkan keterampilan renang gaya bebas.
vii
Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan partisipasi siswa
menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran renang gaya
bebas dengan media botol plastik sebagai pelampung. Hal ini terlihat
dari siswa yang mampu berpartisipasi aktif. Pembelajaran renang gaya
bebas dengan media botol plastik sebagai pelampung dapat
mendorong kreativitas siswa untuk beraktivitas selama pembelajaran.
Hampir semua siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh
guru dengan cukup baik, hal ini membuktikan bahwa suasana belajar
menyenangkan dan antusias mempelajari gerakan renang,
bertanggung jawab melaksanakan tugas dari guru.
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
ada peningkatan keterampilan pembelajaran renang gaya bebas
dengan media botol plastik sebagai pelampung. Peningkatan renang
gaya bebas dengan media botol plastik sebagai pelampung siswa kelas
VIII SMPN 2 Sukodono terdapat peningkatan, dapat dilihat dari
keterampilan renang gaya bebas yang meningkat dan partisipasi siswa
menjadi antusias. Hasil penilaian keterampilan renang pada siklus satu
mendapatkan hasil mean “65,96” mengalami peningkatan pada siklus
dua dan mendapatkan hasil mean “75,00”. Selain itu hasil partisipasi
siswa pada siklus satu mendapat hasil mean “74,05” mengalami
peningkatan pada siklus dua dan mendapat hasil mean "80,00”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Mr Ade Brilliant Pratama
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:39
Last Modified: 03 Jul 2024 08:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item
View Item